Berita Corona di Indonesia, Ternyata Ada Dua Daerah yang Aman dari Jangkauan Virus Ini - Fitflopssandalswomenclearance

Berita Corona di Indonesia, Ternyata Ada Dua Daerah yang Aman dari Jangkauan Virus Ini

Berita Corona di Indonesia, Ternyata Ada Dua Daerah yang Aman dari Jangkauan Virus Ini, fitflopssandalswomenclearance.com


Virus corona telah resmi ditetapkan sebagai pandemi global karena telah menyebar ke berbagai negara di belahan dunia. Berita corona di Indonesia ratusan ribu orang di seluruh dunia terjangkit oleh virus diantara beberapa orang diantaranya berhasil sembuh dan beberapa diantaranya meninggal. Penyebaran virus corona tergolong sangatlah cepat sehingga berbagai upaya pun dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut mulai dari social distancing, karantina, hingga lock down pun dilakukan dibeberapa negara untuk menghentikan penyebaran virus ini. 

Di Indonesia sendiri, kemunculan virus ini diumumkan sejak awal bulan Maret 2020 lalu yang diawali oleh dua orang di Jakarta yang dinyatakan positif corona setelah berinteraksi dengan WNA asal Jepang. Iya melalui media, Presiden Joko Widodo mengumumkan tentang berita virus corona di Indonesia yang pertama yang dialami oleh dua WNI. Pemerintah sebenarnya juga telah bergerak cepat dengan menelusuri dengan siapa saja pasien tersebut berhubungan dengan tujuan untuk segera memutus mata rantai penyebaran virus corona. Namun ternyata hingga awal April 2020 tercatat ada 1500 lebih WNI yang positif corona. 

Untuk menyikapi hal tersebut beberapa langkah pun dilakukan oleh pemerintah mulai dari social distancing serta menghindari munculnya aktifitas yang menyebabkan adanya kerumunan orang banyak dengan melibatkan aparat keamanan untuk terus menertibkan intruksi tersebut. Slogan di rumah aja pun terus didengungkan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Selain itu upaya peningkatan dibidang medis juga terus dilakukan agar masalah virus corona segera teratasi. 

Nah ditengah semakin menyebar luasnya penyebaran virus ini, ada dua wilayah di Indonesia yang hingga saat awal April 2020 masih aman dari serangan virus berbahaya ini. Adapun dua wilayah tersebut yakni sebagai berikut:

1. Nusa Tenggara Timur (NTT)
Hingga tanggal 31 Maret 2020 provinsi NTT merupakan provinsi yang masih aman dari kasus covid 19 atau yang populer dengan sebutan corona. Meskipun demikian, sebelum terdapat sekitar 180 orang warga NTT yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun 21 diantaranya telah selesai dilakukan pemantauan dan beberapa lainnya masih dalam perawatan dan isolasi baik di rumah sakit maupaun di rumahnya masing-masing. Hingga tanggal 31 Maret 2020, jumlah ODP di NTT pun mencapai 558 orang dengan kasus terbanyak terjadi di Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

2. Gorontalo
Hingga tanggal 31 Maret 2020, Gorontalo menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masih aman dari serangan virus corona. Pasalnya 21 Maret 2020 lalu pemerintah Gorontalo mengumumkan adanya 174 dinyatakan sebagai ODP yang mana 66 diantaranya telah selesai dilakukan pemantauan. Sementara terdapat 12 orang yang berstatus sebagai PDP dengan satu orang diantaranya telah selesai dalam pengawasan. 

Nah itu dia dua wilayah di Indonesia yang hingga kini masih aman dari positif virus corona. Disamping itu Jakarta menjadi salah satu daerah yang cukup banyak terjadi kasus corona. Selain itu terdapat beberapa wilayah di Indonesia yang barusaja mengumumkan kasus positif corona mulai dari Bangka Belitung dan Bengkulu. 

Fakta-fakta Tentang Virus Corona yang Perlu Anda Ketahui
Virus corona merupakan salah satu virus berbahaya yang menyerang berbagai wilayah di seluruh dunia. Virus corona pada awalnya terdengar dari Kota Wuhan, Tiongkok yang membuat seluruh orang panik dengan adanya wabah tersebut. Penyebarannya sangat cepat dan membuat korban semakin berjatuhan. Hingga beberapa waktu kemudian virus corona menyebar ke berbagai belahan dunia salah satunya adalah Indonesia. Berita Virus Corona di Indonesia pertama kali diumumkan pada awal bulan Maret 2020 oleh Presiden. Kemunculan virus tersebut tentunya membuat sebagian masyarakat panik hingga berbagai upaya pun dilakukan untuk menghentikan penyebarannya. 

Virus corona memang tergolong virus yang baru sehingga vaksin untuk mengatasinya pun masih dalam proses penelitian. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut mulai dari social distancing, karantina, menjaga kebersihan, hingga penyemprotan disinvektan untuk membunuh virus tersebut. Nah dalam hal ini terdapat beberapa fakta mengenai virus corona yaitu sebagai berikut:

1. Virus corona adalah kerabat dari SARS dan MERS
Menurut para pakar WHO yang merupakan badan kesehatan dunia, virus corona adalah keluarga besar dari virus yang menyebabkan flu hingga penyakit yang lebih parah lagi yang menyerang bagian sistem pernafasan manusia. Penyakit ini juga masih kerabat dekat dengan penyakit Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Kedua virus tersebut juga merupakan penyakit yang menginfeksi saluran pernafasan dan dapat menyebar dengan cepat bahkan hingga ke berbagai wilayah di dunia. 

2. Belum ditemukan vaksinnya
Virus corona merupakan virus baru yang menyerang sistem pernafasan manusia. Virus ini tidak hanya membuat penderitanya seperti terkena flu, apabila penderita tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat, maka virus ini akan mengakibatkan penderitanya meninggal dunia. Karena tergolong virus yang masih baru, vaksin untuk menghadapi virus corona pun masih belum ditemukan hingga saat ini. Dalam hal ini hanya dilakukan beberapa langkah untuk mencegah penyebaran virus ini. 

3. Muncul gejala seperti flu, demam, hingga nyeri dada
Virus corona dapat menimbulkan berbagai keluhan pada korbannya mulai dari batuk, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, hingga sulit bernafas. Menurut para ahli, virus corona dapat menginfeksi saluran pernapasan atas yang dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dari virus ini dapat berubah menjadi pneumonia dengan berbagai gejala mulai dari demam yang tinggi, batuk dengan lendir, nyeri dada, hingga sesak napas. Gejala tersebut akan semakin parah apabila penderitanya telah memiliki riwayat penyakit seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung, atau orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. 

4. Risiko dari virus corona dapat diminimalisir
Sejak munculnya berita virus corona di Indonesia pada awal bulan Maret 2020, berbagai upaya pun terus dilakukan untuk meminimalisir dampak dari virus ini. , karena virus ini masih tergolong jenis virus baru dan belum ditemukan vaksinnya, maka terdapat beberapa langkah untuk meminimalisirnya mulai dari rajin mencuci tangan dengan sabun, hindari menyentuh area wajah sebelum memastikan tangan steril, hindari kontak langsung dengan orang sakit, menutup mulut dan hidung ketika bersin dengan menggunakan tisu, menghindari kerumunan orang banyak, dan berjemur dibawah sinar matahari pagi yang diyakini dapat membunuh virus corona. Lebih lengkap disini https://www.cekaja.com/info/covid-19-updates/.

Sekian semoga bermamfaat ya.
Share on Google Plus

About I Boss Mindset

Do not die without leaving something useful for others.

0 komentar:

Posting Komentar